Skip to Content

5 Striker Timnas Indonesia Paling Produktif Sepanjang Masa

5 Striker Timnas Indonesia Paling Produktif Sepanjang Masa

Be First!
by Oktober 20, 2017 Friendsoccer

Beberapa tahun belakangan, sejumlah pelatih Timnas Indonesia mengeluhkan kesulitan mencari penyerang haus gol yang bisa diandalkan sebagai goal getter Tim Merah-Putih.

Daftar atas pencetak gol kompetisi kasta tertinggi Tanah Air kerap didominasi pemain asing. Praktis hanya nama Boaz Solossa dan Cristian Gonzales, pemain lokal yang bisa menembus dominasi bomber-bomber asing dalam perburuan gelar sepatu emas.

Boaz tercatat tiga kali jadi top scorer kompetisi elite. Sementara itu, Gonzales lima kali. Namun dengan catatan kesemua gelar didapat El Loco didapat saat ia belum berpaspor Indonesia. Gonzales sejatinya pesepak bola berdarah Uruguay yang dinaturalisasi jelang Piala AFF 2010.

Di pentas Liga 1 musim 2017 ini perburuan gelar top scorer hanya melibatkan striker impor. Empat pemain di daftar teratas kesemuanya bukan bomber lokal.

Striker Bali United asal Belanda, Sylvano Comvalius untuk sementara jadi pemain paling produktif dengan torehan 30 gol. Ia dibuntuti oleh Maclei Santos (Mitra Kukar/19 gol), Alberto Goncalves (Sriwijaya FC/17 gol), dan Addison Alves (Persipura Jayapura/15 gol).

Penyerang-penyerang lokal terlihat kesulitan menyodok ke persaingan atas. Efek nyatanya terlihat saat mereka membela Timnas Indonesia.

Tengok di pentas SEA Games, pemain paling produktif di Timnas Indonesia U-22 adalah Septian David Maulana, yang berposisi sebagai gelandang serang. Striker utama Tim Garuda Muda, Ezra Walian dan Marinus Wanewar hanya mencetak sebiji gol di sepanjang ajang multi event.

“Faktanya kami striker lokal seperti tidak seperti di rumah sendiri. Setiap klub selalu mendatangkan penyerang asing. Kami harus bersaing dengan mereka untuk dipasang jadi pemain inti. Dulu saat rata-rata klub bermain dengan sistem dua striker kondisi mendingan. Kami dapat satu slot bermain. Sekarang ketika sistem bermain berubah, rata-rata tim hanya memasang satu penyerang, bomber lokal pun terpinggirkan,” ujar Ilham Jaya Kesumah, salah satu striker lokal top Indonesia di awal tahun 2000-an.

Kondisi ini terasa ironis, mengingat dari masa ke masa kompetisi Tanah Air baik di era Galatama, Perserikatan, dan masa awal Liga Indonesia selalu memasok predator-predator haus gol ke Timnas Indonesia.

Baca Juga  Persija Bermain Terlalu Keras saat Hadapi Kedah FA

Ketajaman mereka menggerek performa Tim Merah-Putih di berbagai ajang internasional. Siapa-siapa saja penyerang-penyerang lokal paling haus gol di Timnas Indonesia dari masa ke masa? Simak sajian data dan fakta di halaman berikut ini:

Previous
Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.